Selamat Datang Di Emye Private Blog
Membaca, mendengar, dan menterjemahkan Al Qur'an
Sedikit Bigraphy Singkat tentang Aku.
Title

Bapakku

Bapakku yang Sangat Tegas Akan Sesuatu yang Dia Anggap Fundamental, Berprinsip Kuat. Sangat Religius. Jawa Banyumasan. Gualakeee Poll, hehehe...

Read More
Title

Ibuku

Ibuku.., Seorang Wanita yang Sangat Kuat, Tegar dan Banyak Akal. Bisa Menjadi Seorang Ibu Sekaligus "seorang ayah" Juga. Smart dalam bertahan hidup, Sabar di Keseharian, Walau Galak Tapi Pemaaf... Saluut Untukmu Mah...!

Read More
Title

Aku Yang...

Inilah Yang Dulu Selalu Mencari Masalah, dan Terkena Masalah dan Hampir Terkubur Karenanya.. Berharap Maaf dariNYA, Kedua Orangtuaku dan Juga Kalian Semua.. Do'akan RidhoNYA Untukku ya.. Terimakasih Untuk Kalian Semua...

Read More
Title

Rumahku Hidupku..No Place Like Home

Di Sinilah Awal Semua Kisahku.., Di Awali Dengan Kasih Sayang dan Pengharapan dan Di Jalani Dengan Kegilaan lalu Berakhir dengan Keterpurukan. No More Fly..No More Sky and No More Cry...

Read More
Title

Seberkas CahayaNYA...

Menunggu dan Berharap Banyak dariNYA... Jawaban dan Ampunan Setelah Doa-doa yang Kutambatkan.. Setiap Detik, Setiap Saat Sebelum Saat Akhir Hidupku Tiba...

Read More
Title

Pikirkan Dulu!

Pikirkan dan Pertimbangkan Semua Pilihan. Karena Kau Harus Memilih, Gunakan Kata Hatimu. Ambil Apa Yang Baik Dari Kisahku Kawan.. Semua Hikmah. Sekarang atau Tidak Sama Sekali..!!!?

Read More

Sejarah Hidup Rasulullah Muhammad SAW

October 18, 2011
 
BAGIAN KELIMA: DARI MASA KERASULAN SAMPAI ISLAMNYA UMAR  (2/4)
 Muhammad Husain Haekal
 
 Ia  minta  waktu  akan  berunding  dengan  ayahnya lebih dulu.
 Semalaman itu ia merasa gelisah. Tetapi  besoknya  ia  memberi
 tahukan  kepada  suami-isteri  itu,  bahwa  ia  akan mengikuti
 mereka berdua, tidak perlu minta pendapat  Abu  Talib.  "Tuhan
 menjadikan  saya  tanpa saya perlu berunding dengan Abu Talib.
 Apa gunanya saya harus berunding dengan  dia  untuk  menyembah
 Allah."
 
 Jadi  Ali  adalah  anak  pertama yang menerima Islam. Kemudian
 Zaid b. Haritha, bekas budak Nabi. Dengan demikian Islam masih
 terbatas   hanya   dalam  lingkungan  keluarga  Muhammad:  dia
 sendiri, isterinya, kemenakannya  dan  bekas  budaknya.  Masih
 juga  ia  berpikir-pikir, bagaimana akan mengajak kaum Quraisy
 itu. Tahu benar ia, betapa kerasnya mereka itu dan betapa pula
 kuatnya  mereka  berpegang  pada  berhala yang disembah-sembah
 nenek moyang mereka itu.

 Pada waktu itu Abu Bakr b. Abi Quhafa dari kabilah Taim adalah
 teman akrab Muhammad. Ia senang sekali kepadanya, karena sudah
 diketahuinya benar ia sebagai orang  yang  bersih,  jujur  dan
 dapat  dipercaya.  Oleh  karena  itu orang dewasa pertama yang
 diajaknya  menyembah   Allah   Yang   Esa   dan   meninggalkan
 penyembahan  berhala,  adalah  dia. Juga dia laki-laki pertama
 tempat dia membukakan isi hatinya  akan  segala  yang  dilihat
 serta  wahyu  yang  diterimanya. Abu Bakr tidak ragu-ragu lagi
 memenuhi ajakan Muhammad dan beriman pula akan ajakannya  itu.
 Jiwa  yang  mana  lagi yang memang mendambakan kebenaran masih
 akan ragu-ragu  meninggalkan  penyembahan  berhala  dan  untuk
 kemudian  menyembah  Allah  Yang Esa! Jiwa yang mana lagi yang
 masih disebut jiwa besar di samping menyembah Allah masih  mau
 menyembah  batu  yang  bagaimanapun  bentuknya! Jiwa yang mana
 lagi yang  sudah  bersih  masih  akan  ragu-ragu  membersihkan
 pakaian  dan  jiwanya,  berderma kepada orang yang membutuhkan
 dan berbuat kebaikan kepada anak piatu!
 
 Keimanannya  kepada  Allah  dan  kepada  RasulNya  itu  segera
 diumumkan  oleh Abu Bakr di kalangan teman-temannya. Ia memang
 seorang pria yang rupawan. "Menjadi  kesayangan  masyarakatnya
 dan  amikal  sekali.  Dari  kalangan Quraisy ia termasuk orang
 Quraisy yang berketurunan tinggi dan  yang  banyak  mengetahui
 segala  seluk-beluk  bangsa  itu,  yang  baik  dan yang jahat.
 Sebagai pedagang  dan  orang  yang  berakhlak  baik  ia  cukup
 terkenal.   Kalangan   masyarakatnya  sendiri  yang  terkemuka
 mengenalnya dalam satu bidang saja. Mereka mengenalnya  karena
 ilmunya,  karena  perdagangannya  dan karena pergaulannya yang
 baik."

 Dari kalangan masyarakatnya  yang  dipercayai  oleh  Abu  Bakr
 diajaknya mereka kepada Islam. Usman b. 'Affan, Abdurrahman b.
 'Auf, Talha b. 'Ubaidillah, Sa'd b.  Abi  Waqqash  dan  Zubair
 bin'l-'Awwam   mengikutinya   pula  menganut  Islam.  Kemudian
 menyusul pula Abu 'Ubaida bin'l-Djarrah, dan banyak lagi  yang
 lain  dari  penduduk  Mekah.  Mereka yang sudah Islam itu lalu
 datang  kepada  Nabi  menyatakan  Islamnya,  yang  selanjutnya
 menerima ajaran-ajaran agama itu dari Nabi sendiri.
 
 Mengetahui  adanya  permusuhan  yang  begitu bengis dari pihak
 Quraisy terhadap segala sesuatu yang melanggar paganisma, maka
 kaum  Muslimin yang mula-mula masih sembunyi-sembunyi. Apabila
 mereka akan  melakukan  salat,  mereka  pergi  ke  celah-celah
 gunung  di  Mekah.  Keadaan  serupa  ini  berjalan selama tiga
 tahun, sementara Islam tambah meluas juga di kalangan penduduk
 Mekah.  Wahyu  yang  datang  kepada  Muhammad selama itu makin
 memperkuat iman kaum Muslimin.
 
 Yang menambah pula dakwah  itu  berkembang  sebenarnya  karena
 teladan  yang  diberikan Muhammad sangat baik sekali: ia penuh
 bakti dan penuh kasih-sayang, sangat  rendah  hati  dan  penuh
 kejantanan,  tutur-katanya  lemah-lembut  dan  selalu  berlaku
 adil; hak setiap orang masing-masing ditunaikan.  Pandangannya
 terhadap orang yang Iemah, terhadap piatu, orang yang sengsara
 dan miskin adalah pandangan seorang  bapa  yang  penuh  kasih,
 lemah-lembut  dan  mesra.  Malam haripun, dalam ia bertahajud,
 malam ia tidak cepat tidur,  membaca  wahyu  yang  disampaikan
 kepadanya, renungannya selalu tentang langit dan bumi, mencari
 pertanda  dari  segenap  wujud   ini,   permohonannya   selalu
 dihadapkan  hanya  kepada  Allah.  Dia. yang menyerapkan hidup
 semesta ini ke dalam dirinya dan kedalam jantung  kehidupannya
 sendiri,  adalah  suatu teladan yang membuat mereka yang sudah
 beriman dan menyatakan diri Islam itu,  makin  besar  cintanya
 kepada  Islam  dan  makin  kukuh  pula  imannya.  Mereka sudah
 berketetapan  hati  meninggalkan  anutan  nenek-moyang  mereka
 dengan  menanggung  segala  siksaan  kaum musyrik yang hatinya
 belum lagi disentuh iman.
 
 Saudagar-saudagar dan kaum bangsawan Mekah yang sudah mengenal
 arti kesucian, sudah menyadari arti kebenaran, pengampunan dan
 arti rahmat, mereka beriman kepada ajaran Muhammad. Semua kaum
 yang  lemah,  semua  orang  yang sengsara dan semua orang yang
 tidak punya, beriman kepadanya. Ajaran Muhammad sudah tersebar
 di  Mekah, orang sudah berbondong-bondong memasuki Islam, pria
 dan wanita.
 
 Orang   banyak   bicara   tentang   Muhammad    dan    tentang
 ajaran-ajarannya.   Akan  tetapi  penduduk  Mekah  yang  masih
 berhati-hati, yang masih tertutup hatinya, pada mulanya  tidak
 menghiraukannya.  Mereka  menduga, bahwa kata-katanya tidakkan
 lebih dan kata-kata pendeta atau ahli-ahli pikir semacam Quss,
 Umayya,  Waraqa dan yang lain. Orang pasti akan kembali kepada
 kepercayaan nenek-moyangnya; yang akhirnya akan  menang  ialah
 Hubal, Lat dan 'Uzza, begitu juga Isaf dan Na'ila yang dibawai
 kurban.  Mereka  lupa  bahwa  iman  yang   murni   tak   dapat
 dikalahkan,   dan   bahwa   kebenaran   pasti   akan  mendapat
 kemenangan.

 Tiga  tahun  kemudian  sesudah  kerasulannya,  perintah  Allah
 datang  supaya  ia mengumumkan ajaran yang masih disembunyikan
 itu, perintah  Allah  supaya  disampaikan.  Ketika  itu  wahyu
 datang:
 
 "Dan berilah peringatan kepada keluarga-keluargamu yang dekat.
 Limpahkanlah  kasih-sayang  kepada  orang-orang  beriman  yang
 mengikut  kau.  Kalaupun  mereka tidak mau juga mengikuti kau,
 katakanlah, 'Aku lepas tangan dari  segala  perbuatan  kamu.'"
 (Qur'an 26: 214-216)
 
 "Sampaikanlah apa yang sudah diperintahkan kepadamu, dan tidak
 usah kauhiraukan orang-orang musyrik itu."(Qur'an 15: 94)
 
 Muhammadpun  mengundang   makan   keluarga-keluarga   itu   ke
 rumahnya,  dicobanya  bicara dengan mereka dan mengajak mereka
 kepada  Allah.  Tetapi  Abu  Talib,  pamannya,  lalu  menyetop
 pembicaraan  itu.  Ia  mengajak orang-orang pergi meninggalkan
 tempat.  Keesokan  harinya  sekali  lagi  Muhammad  mengundang
 mereka.
 
 Selesai  makan, katanya kepada mereka: "Saya tidak melihat ada
 seorang manusia di kalangan Arab ini dapat membawakan  sesuatu
 ke  tengah-tengah  mereka  lebih  baik  dari yang saya bawakan
 kepada kamu sekalian ini.  Kubawakan  kepada  kamu  dunia  dan
 akhirat  yang  terbaik. Tuhan telah menyuruh aku mengajak kamu
 sekalian. Siapa di antara kamu ini yang mau mendukungku  dalam
 hal ini?"
 
 Mereka    semua   menolak,   dan   sudah   bersiap-siap   akan
 meninggalkannya. Tetapi tiba-tiba Ali bangkit - ketika itu  ia
 masih anak-anak, belum lagi balig.
 
 "Rasulullah,  saya  akan  membantumu,"  katanya.  "Saya adalah
 lawan siapa saja yang kautentang."
 
 Banu   Hasyim   tersenyum,   dan   ada   pula   yang   tertawa
 terbahak-bahak.  Mata  mereka  berpindah-pindah dari Abu Talib
 kepada anaknya. Kemudian mereka  semua  pergi  meninggalkannya
 dengan ejekan.
 
 Sesudah  itu  Muhammad  kemudian  mengalihkan  seruannya  dari
 keluarga-keluarganya yang dekat kepada seluruh penduduk Mekah.
 Suatu  hari  ia naik ke Shafa2 dengan berseru: "Hai masyarakat
 Quraisy." Tetapi orang Quraisy itu  lalu  membalas:  "Muhammad
 bicara  dari  atas  Shafa."  Mereka lalu datang berduyun-duyun
 sambil bertanya-tanya, "Ada apa?"
 
 "Bagaimana pendapatmu sekalian kalau kuberitahukan kamu, bahwa
 pada  permukaan  bukit  ini  ada  pasukan  berkuda. Percayakah
 kamu?"
 
 "Ya," jawab mereka. "Engkau tidak  pernah  disangsikan.  Belum
 pernah kami melihat engkau berdusta."
 
 "Aku mengingatkan kamu sekalian, sebelum menghadapi siksa yang
 sungguh berat," katanya, "Banu Abd'l-Muttalib, Banu Abd Manaf,
 Banu  Zuhra,  Banu  Taim,  Banu  Makhzum  dan  Banu Asad Allah
 memerintahkan     aku      memberi      peringatan      kepada
 keluarga-keluargaku  terdekat. Baik untuk kehidupan dunia atau
 akhirat. Tak ada sesuatu bahagian atau keuntungan  yang  dapat
 kuberikan  kepada  kamu,  selain  kamu  ucapkan: Tak ada tuhan
 selain Allah."
 
 Atau  seperti  dilaporkan:  Abu  Lahab  -  seorang   laki-laki
 berbadan  gemuk dan cepat naik darah - kemudian berdiri sambil
 meneriakkan: "Celaka kau hari ini.  Untuk  ini  kau  kumpulkan
 kami?"
 
 Muhammad  tak  dapat  bicara.  Dilihatnya pamannya itu. Tetapi
 kemudian sesudah itu datang wahyu membawa firman Tuhan:
 
 "Celakalah kedua tangan Abu Lahab, dan celakalah ia.  Tak  ada
 gunanya  kekayaan  dan  usahanya  itu. Api yang menjilat-jilat
 akan menggulungnya" (Qur'an 102:1-8)
 
 Kemarahan Abu Lahab dan sikap permusuhan kalangan Quraisy yang
 lain  tidak  dapat  merintangi  tersebarnya  dakwah  Islam  di
 kalangan penduduk Mekah itu. Setiap hari niscaya akan ada saja
 orang  yang Islam - menyerahkan diri kepada Allah. Lebih-lebih
 mereka yang tidak terpesona oleh  pengaruh  dunia  perdagangan
 untuk   sekedar   melepaskan  renungan  akan  apa  yang  telah
 diserukan kepada mereka. Mereka sudah  melihat  Muhammad  yang
 berkecukupan,  baik dari harta Khadijah atau hartanya sendiri.
 Tidak   dipedulikannya   harta   itu,    juga    tidak    akan
 memperbanyaknya   lagi.   Ia   mengajak   orang   hidup  dalam
 kasih-sayang, dengan lemah-lembut, dalam kemesraan dan tasamuh
 (lapang  dada,  toleransi). Ya, bahkan dia yang menerima wahyu
 menyebutkan, bahwa memupuk-mupuk kekayaan adalah suatu kutukan
 terhadap jiwa.
 
 "Kamu  telah  dilalaikan  oleh perlombaan saling memperbanyak.
 Sampai nanti kamu menuju kubur. Sekali lagi, jangan! Akan kamu
 ketahui  juga  nanti.  Jangan.  Kalau  kamu  mengetahui dengan
 meyakinkan. Niscaya akan kamu lihat  neraka.  Kemudian,  tentu
 akan  kamu  lihat  itu  dengan  mata yang meyakinkan. Hari itu
 kemudian baru kamu  akan  ditanyai  tentang  kesenangan  itu."
 (Qur'an 111: 1-3)
 
 Apalagi yang lebih baik daripada yang dianjurkan Muhammad itu!
 Bukankah ia menganjurkan kebebasan? Kebebasan mutlak yang  tak
 ada  batasnya.  Kebebasan  yang  sungguh  bernilai bagi setiap
 manusia Arab itu, sama  dengan  nilai  hidupnya  sendiri!  Ya!
 Bukankah  orang  mau  melepaskan  diri  dari  belenggu  dengan
 pengabdian  yang  bagaimanapun  selain  pengabdiannya   kepada
 Allah? Bukankah setiap belenggu itu harus dihancurkan? Tak ada
 Hubal, tak ada Lat, 'Uzza. Tak ada api Majusi, matahari  orang
 Mesir,  tak  ada  bintang penyembah bintang, tak ada hawariyin
 (pengikut-pengikut Isa),  tak  ada  seorang  manusiapun,  atau
 malaikat  ataupun  jin  yang  akan  menjadi batas antara Allah
 dengan manusia. Di hadapan Allah,  hanya  di  hadapanNya  Yang
 Tunggal     tak     bersekutu,     manusia    akan    dimintai
 pertanggung-jawabannya atas perbuatannya yang telah dilakukan,
 yang  baik dan yang buruk. Hanya perbuatan manusia itu sajalah
 yang menjadi perantaranya. Hati kecilnya yang  akan  menimbang
 semua  perbuatan.  Hanya  itulah  yang  berkuasa atas dirinya.
 Dengan itulah dipertanggungkan  ketika  setiap  jiwa  mendapat
 balasan  sesuai  dengan perbuatannya. Kebebasan mana lagi yang
 lebih luas daripada yang diajarkan Muhammad  itu?  Adakah  Abu
 Lahab  dan  kawan-kawannya  mengajarkan  yang  semacam  itu  -
 sedikit sekalipun? Ataukah mereka mengajarkan  supaya  manusia
 tetap dalam perhambaan, dalam perbudakan, yang sudah ditimbuni
 oleh kepercayaan-kepercayaan khurafat dan takhayul, yang sudah
 menutupi mereka dari segala cahaya kebenaran?

 Akan  tetapi  Abu  Lahab,  Abu  Sufyan dan bangsawan-bangsawan
 Quraisy  terkemuka  lainnya,  hartawan-hartawan   yang   gemar
 bersenang-senang,  mulai  merasakan, bahwa ajaran Muhammad itu
 merupakan  bahaya  besar  bagi  kedudukan  mereka.  Jadi  yang
 mula-mula  harus mereka lakukan ialah menyerangnya dengan cara
 mendiskreditkannya,   dan   mendustakan   segala   apa    yang
 dinamakannya kenabian itu.
 
 Langkah  pertama  yang  mereka  lakukan  dalam  hal  ini ialah
 membujuk penyair-penyair mereka: Abu Sufyan bin'l-Harith, 'Amr
 bin'l-'Ash  dan  Abdullah  ibn'z-Ziba'ra,  supaya mengejek dan
 menyerangnya. Dalam pada  itu  penyair-penyair  Muslimin  juga
 tampil  membalas  serangan  mereka tanpa Muhammad sendiri yang
 harus melayani.
 
 Sementara  itu,  selain  penyair-penyair  itu  beberapa  orang
 tampil pula meminta kepada Muhammad beberapa mujizat yang akan
 dapat membuktikan kerasulannya: mujizat-mujizat  seperti  pada
 Musa  dan  Isa.  Kenapa  bukit-bukit Shafa dan Marwa itu tidak
 disulapnya menjadi emas, dan  kitab  yang  dibicarakannya  itu
 dalam  bentuk  tertulis  diturunkan  dari  langit?  Dan kenapa
 Jibril yang banyak dibicarakan oleh Muhammad itu tidak  muncul
 di  hadapan  mereka? Kenapa dia tidak menghidupkan orang-orang
 yang sudah mati, menghalau bukit-bukit yang selama ini membuat
 Mekah  terkurung  karenanya?  Kenapa ia tidak memancarkan mata
 air yang lebih sedap dari air sumur Zamzam,  padahal  ia  tahu
 betapa besar hajat penduduk negerinya itu akan air?
 
 Tidak   hanya  sampai  disitu  saja  kaum  musyrikin  itu  mau
 mengejeknya dalam soal-soal  mujizat,  malahan  ejekan  mereka
 makin  menjadi-jadi,  dengan  menanyakan:  kenapa Tuhannya itu
 tidak memberikan wahyu tentang  harga  barang-barang  dagangan
 supaya mereka dapat mengadakan spekulasi buat hari depan?
 
 Debat  mereka  itu  berkepanjangan.  Tetapi  wahyu yang datang
 kepada Muhammad menjawab debat mereka
 
 "Katakanlah: 'Aku tak berkuasa membawa kebaikan  atau  menolak
 bahaya  untuk  diriku  sendiri,  kalau  tidak  dengan kehendak
 Allah. Dan sekiranya aku mengetahui  yang  gaib-gaib,  niscaya
 kuperbanyak amal kebaikan itu dan bahayapun tidak menyentuhku.
 Tapi aku hanya memberi peringatan dan membawa  berita  gembira
 bagi mereka yang beriman." (Qur'an 7: 188)
 
 Ya,  Muhammad  hanya  mengingatkan dan membawa berita gembira.
 Bagaimana mereka akan  menuntutnya  dengan  hal-hal  yang  tak
 masuk  akal. Sedang dia tidak mengharapkan dari mereka kecuali
 yang masuk akal, bahkan yang diminta dan diharuskan oleh akal?
 !   Bagaimana   mereka   menuntutnya   dengan   hal-hal   yang
 bertentangan dengan  kodrat  jiwa  yang  tinggi  padahal  yang
 diharapkannya  dari mereka agar mereka mau menerima suara yang
 sesuai dengan kodrat jiwa yang  tinggi  itu?!  Bagaimana  pula
 mereka  masih  menuntutnya  dengan  beberapa  mujizat, padahal
 kitab yang diwahyukan kepadanya itu dan yang menunjukkan jalan
 yang  benar  itu  adalah  mujizat  dari segala mujizat? Kenapa
 mereka masih menuntut supaya kerasulannya itu  diperkuat  lagi
 dengan keanehan-keanehan yang tak masuk akal, yang sesudah itu
 nanti merekapun  akan  ragu-ragu  lagi,  akan  mengikutinyakah
 mereka atau tidak?
 
 Dan  ini,  yang  mereka  katakan tuhan-tuhan mereka itu, tidak
 lebih  adalah  batu-batu  atau   kayu   yang   disangga   atau
 berhala-berhala yang tegak di tengah-tengah padang pasir, yang
 tidak  dapat  membawa   kebaikan   ataupun   menolak   bahaya.
 Sungguhpun  begitu  mereka  menyembahnya  juga, tanpa menuntut
 pembuktian sifat-sifat ketuhanannya.  Dan  kalaupun  itu  yang
 dituntut,  pasti  ia  akan  tetap batu atau kayu, tanpa hidup,
 tanpa gerak; untuk dirinyapun ia tak dapat menolak bahaya atau
 membawa  kebaikan.  Dan  jika ada yang datang menghancurkannya
 iapun takkan dapat mempertahankan diri.

 Muhammadpun  sudah  terang-terangan  menyebut  berhala-berhala
 mereka,  yang  sebelum  itu  tidak pernah disebut-sebutnya. Ia
 mencelanya, yang  juga  sebelum  itu  tidak  pernah  dilakukan
 demikian.   Hal  ini  menjadi  soal  besar  bagi  Quraisy  dan
 dirasakan menusuk hati mereka. Tentang  laki-laki  itu,  serta
 apa yang dihadapinya dari mereka dan dihadapi mereka dari dia,
 sekarang  mulai  sungguh-sungguh  menjadi  perhatian   mereka.
 Sampai   sebegitu   jauh   mereka   baru   sampai   memperolok
 kata-katanya. Apabila mereka duduk-duduk di Dar'n Nadwa,3 atau
 disekitar  Ka'bah  dengan berhala-berhala yang ada, membuallah
 mereka dengan sikap tidak lebih  dari  senyuman  mengejek  dan
 berolok-olok.  Akan  tetapi,  jika  yang dihina dan diejek itu
 sekarang dewa-dewa mereka  yang  mereka  sembah  dan  disembah
 nenek-moyang  mereka,  termasuk  Hubal,  Lat,  'Uzza dan semua
 berhala, maka tidak lagi soalnya soal olok-olok dan  cemoohan,
 melainkan sudah menjadi soal yang serius dan menentukan. Atau,
 andaikata orang itu  sampai  dapat  menghasut  penduduk  Mekah
 melawan  mereka dan meninggalkan berhala-berhala mereka, hasil
 apa yang akan diperolehnya dari  perdagangan  Mekah  itu?  Dan
 bagaimana pula kedudukan mereka dalam arti agama?
 
 Abu  Talib pamannya belum lagi menganut Islam. Tetapi tetap ia
 sebagai pelindung  dan  penjaga  kemenakannya  itu.  Ia  sudah
 menyatakan   kesediaannya  akan  membelanya.  Atas  dasar  itu
 pemuka-pemuka bangsawan Quraisy - dengan  diketahui  oleh  Abu
 Sufyan b. Harb - pergi menemui Abu Talib.
 
 "Abu  Talib,"  kata  mereka,  "kemenakanmu  itu  sudah  memaki
 berhala-berhala kita, mencela  agama  kita,  tidak  menghargai
 harapan-harapan  kita  dan menganggap sesat nenek-moyang kita.
 Soalnya sekarang, harus kauhentikan dia; kalau  tidak  biarlah
 kami  sendiri yang akan menghadapinya. Oleh karena engkau juga
 seperti kami tidak sejalan, maka cukuplah  engkau  dari  pihak
 kami menghadapi dia."
 
 Akan  tetapi  Abu  Talib  menjawab  mereka dengan baik sekali.
 Sementara itu Muhammad  juga  tetap  gigih  menjalankan  tugas
 dakwahnya dan dakwa itupun mendapat pengikut bertambah banyak.
 
 Quraisy segera berkomplot menghadapi Muhammad itu. Sekali lagi
 mereka pergi menemui Abu Talib.  Sekali  ini  disertai  'Umara
 bin'l-Walid  bin'l-Mughira,  seorang  pemuda  yang  montok dan
 rupawan, yang akan diberikan kepadanya  sebagai  anak  angkat,
 dan sebagai gantinya supaya Muhammad diserahkan kepada mereka.
 Tetapi inipun ditolak.  Muhammad  terus  juga  berdakwah,  dan
 Quraisypun terus juga berkomplot.
 
 Untuk ketiga kalinya mereka mendatangi lagi Abu Talib.
 
 "Abu   Talib'"   kata   mereka,  "Engkau  sebagai  orang  yang
 terhormat, terpandang  di  kalangan  kami.  Kami  telah  minta
 supaya   menghentikan   kemenakanmu   itu,   tapi  tidak  juga
 kaulakukan. Kami tidak akan tinggal diam terhadap  orang  yang
 memaki  nenek-moyang  kita,  tidak  menghargai harapan-harapan
 kita dan mencela berhala-berhala kita - sebelum  kausuruh  dia
 diam  atau  sama-sama  kita  lawan dia hingga salah satu pihak
 nanti binasa."
 
 Berat sekali bagi Abu  Talib  akan  berpisah  atau  bermusuhan
 dengan masyarakatnya. Juga tak sampai hati ia menyerahkan atau
 membuat kemenakannya  itu  kecewa.  Gerangan  apa  yang  harus
 dilakukannya?
 
 Dimintanya  Muhammad  datang  dan diceritakannya maksud seruan
 Quraisy. Lalu  katanya:  "Jagalah  aku,  begitu  juga  dirimu.
 Jangan aku dibebani hal-hal yang tak dapat kupikul."
 
 Muhammad  menekur  sejenak,  menekur  berhadapan dengan sebuah
 sejarah alam wujud ini, sejarah yang sedang tertegun tak  tahu
 hendak  ke  mana  tujuannya.  Dalam  kata-kata  yang  kemudian
 menguntai dari bibir laki-laki itu adalah suatu keputusan bagi
 dunia:  adakah dunia ini akan dalam kesesatan selalu dan terus
 dijerumuskan, lalu datang Majusi menekan  Kristen  yang  sudah
 gagal   dan   kacau,  dan  dengan  demikian  paganisma  dengan
 kebatilannya itu akan mengangkat kepala yang sudah  rapuk  dan
 busuk?  Atau  ia  harus memancarkan terus sinar kebenaran itu,
 memproklamirkan kata-kata Tauhid, membebaskan pikiran  manusia
 dari belenggu perbudakan, membebaskannya dari rantai ilusi dan
 mengangkatnya kemartabat  yang  lebih  tinggi,  sehingga  jiwa
 manusia itu dapat mencapai hubungan dengan Zat Maha Tinggi?

 Pamannya,  ini  pamannya seolah sudah tak berdaya lagi membela
 dan   memeliharanya.   Ia   sudah   mau    meninggalkan    dan
 melepaskannya.  Sedang  kaum  Muslimin masih lemah, mereka tak
 berdaya akan berperang, tidak  dapat  mereka  melawan  Quraisy
 yang  punya kekuasaan, punya harta, punya persiapan dan jumlah
 rmanusia. Sebaliknya dia tidak punya apa-apa selain kebenaran.
 Dan  atas nama kebenaran sebagai pembelanya ia mengajak orang.
 Tak punya apa-apa  ia  selain  imannya  kepada  kebenaran  itu
 sebagai  perlengkapan.  Terserahlah apa jadinya! Hari kemudian
 itu  baginya  lebih  baik  daripada  yang  sekarang.  Ia  akan
 meneruskan   misinya,   akan   mengajak   orang  seperti  yang
 diperintahkan Tuhan kepadanya. Lebih baik mati ia membawa iman
 kebenaran  yang  telah  diwahyukan kepadanya daripada menyerah
 atau ragu-ragu.
 
 Karena itu, dengan jiwa yang penuh kekuatan  dan  kemauan,  ia
 menoleh kepada pamannya seraya berkata:
 
 "Paman,  demi  Allah,  kalaupun  mereka meletakkan matahari di
 tangan kananku dan meletakkan bulan di tangan  kiriku,  dengan
 maksud  supaya  aku meninggalkan tugas ini, sungguh tidak akan
 kutinggalkan,  biar  nanti   Allah   yang   akan   membuktikan
 kemenangan itu ditanganku, atau aku binasa karenanya."
 
 Ya,  demikian besarnya kebenaran itu, demikian dahsyatnya iman
 itu!  Gemetar  orang  tua  ini  mendengar  jawaban   Muhammad,
 tertegun  ia.  Ternyata  ia berdiri dihadapan tenaga kudus dan
 kemauan yang begitu tinggi, di atas  segala  kemampuan  tenaga
 hidup yang ada.
 
 Muhammad  berdiri.  Airmatanya  terasa  menyumbat karena sikap
 pamannya  yang  tiba-tiba   itu,   sekalipun   tak   terlintas
 kesangsian   dalam   hatinya   sedikitpun   akan   jalan  yang
 ditempuhnya itu.
 
 Seketika lamanya Abu Talib masih dalam keadaan  terpesona.  Ia
 masih  dalam  kebingungan  antara tekanan masyarakatnya dengan
 sikap kemanakannya itu. Tetapi  kemudian  dimintanya  Muhammad
 datang   lagi,   yang   lalu   katanya:   "Anakku,  katakanlah
 sekehendakmu. Aku tidak akan menyerahkan  engkau  bagaimanapun
 juga!"
                                     (bersambung ke bagian 3/4)
 

0 komentar:

Post a Comment

Just select text on the page and get instant translation from Google Translate!
Google Translate Client